UEFA Pastikan Pakai VAR di Liga Champions Musim Depan

UEFA Pastikan Pakai VAR di Liga Champions Musim Depan

Setelah sempat menolak, akhirnya Asosiasi Sepakbola Eropa atau yang kita kenal dengan Sebutan UEFA, memastikan bahwa kompetisi Liga Champions Eropa musim 2019/2010 mendatang, akan menerapkan teknologi VAR untuk membantu meminimalisir kesalahan wasit. Kabar menggembirakan ini dikonfirmasikan oleh Presiden UEFA sendiri, Aleksander Ceferin.

UEFA Pastikan Pakai VAR di Liga Champions Musim Depan

Sebenarnya, VAR Sendiri bukan teknologi yang baru diperkenalkan oleh FIFA, bahkan teknologi yang memiliki kepanjangan Video Assistance Referee tersebut sudah mulai diterapkan FIFA di ajang Piala Dunia antarklub sejak tahun 2016 silam. Hanya saja, belum semua kompetisi bersedia menerapkan teknologi itu untuk meminimalisir kesalahan wasit.

Meski demikian, VAR berjalan cukup baik sejauh ini, kendati memang muncul pro dan kontra terkait dengan teknologi tersebut. Salah satu sukses VAR terlihat di ajang Piala dunia 2018 kemarin, ada banyak insiden kontroversial yang bisa merugikan salah satu pihak, akhirnya urung terjadi karena VAR. Tak heran jika UEFA juga disarankan menerapkan teknologi tersebut pada ajang Liga Champions Eropa.

Namun, mereka sempat menolak gagasan itu, sampai mungkin pada akhirnya sejumlah keputusan kontroversial wasit di fase Group Liga Champions musim ini, seperti kartu merah Cristiano Ronaldo, UEFA akhirnya luluh. Ya, melalui Presiden Mereka, Aleksander Ceferin, UEFA akan menerapkan VAR pada ajang Liga Champions Eropa musim 2019/20 mendatang.

“Kami optimistis perkenalan VAR pada Agustus 2019 akan memberi kami cukup waktu untuk menempatkan sistem yang kuat dan melatih perangkat pertandingan untuk memastikan implementasi VAR yang efisien dan sukses di Liga Champions,” ujar presiden UEFA Aleksander Ceferin.

Saat ini sudah empat dari lima kompetisi top Eropa yang menggunakan VAR. Bundesliga Jerman dan Serie A Italia telah memanfaatkan teknologi tersebut mulai tahun lalu, sementara La Liga Spanyol dan Ligue 1 Prancis baru dimulai musim ini. Liga Primer Inggris masih belum memakai VAR setelah mayoritas klub menolak, tetapi Piala Liga dan Piala FA akan menerapkan teknologi tersebut.

Share this post