Toni Kroos Bantah Ada tindak Rasisme di Timnas Jerman

Toni Kroos Bantah Ada tindak Rasisme di Timnas Jerman

Gelandang Tim Nasional Jerman, Toni Kroos akhirnya buka suara perihal pro dan kontra pernyataan Mesut Ozil saat pemain Arsenal tersebut memutuskan untuk pensiun alias gantung sepatu dari tim Nasional Jerman. Pemain Real Madrid ini tak setuju dengan perkataan Ozil tentang sikap rasisme di tubuh Federasi Sepakbola Jerman.

Toni Kroos Bantah Ada tindak Rasisme di Timnas Jerman

Sebagaimana diketahui, sepakbola Jerman dalam beberapa bulan terakhir ini memang ramai membicarakan Mesut Ozil. Semua bermula dari beredarnya foto pemain Arsenal tersebut bersama dengan Presiden Turki, Erdogan. Ozil sendiri telah menjelaskan bahwa itu adalah foto biasa, sama sekali tidak ada hubungannya dengan politik, bahkan pertemuan dengan Erdogan juga tidak disengaja, dalam sebuah acara amal di London.

Hanya saja, sebagian besar rakyat Jerman tak menganggap demkian, bahkan mereka mengklaim bahwa foto tersebut berbau propaganda politik, mengingat darah Turki yang dimiliki Ozil. Kritikan kepada mantan pemain Real Madrid tidak terhenti sampai disitu, mereka bahkan mengkambing hitam-kan Ozil atas kegagalan Tim Nasional Jerman di ajang Piala Dunia 2018 kemarin.

Merasa tak tahan dengan kritikan , tudingan dan hujatan yang terus menghampirinya, Ozil lantas memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Jerman, hanya beberapa hari saja setelah turnamen Piala Dunia 2018 kemarin. Lewat pernyataan pensiunnya, sosok berusia 29 tahun tersebut menuding adanya tindakan rasisme di tubuh Federasi Sepakbola Jerman, DFB.

Kroos ikut berbicara mengenai tudingan mantan rekan setimnya di timnas Jerman tersebut. Ia mengungkapkan bahwa tak ada rasisme di dalam tubuh Die Panzer dan menganggap Ozil cukup tahu hal itu.

“Bagian yang dibahas dengan baik di dalam pernyataan Ozil sayangnya tertutupi dengan besarnya proporsi omong kosong, Saya pikir dia tahu bahwa rasisme tidak ada di dalam timnas dan DFB. Malah sebaliknya, kami selalu berkomitmen dengan perbedaan dan integritas. Mesut adalah contoh terbaik, seperti halnya pemain-pemain kami lainnya,” ujar Kroos kepada Bild.

Share this post