Sempat Lolos Dari Sanksi, Bek Kroasia Kembali Diselidiki FIFA

Sempat Lolos Dari Sanksi, Bek Kroasia Kembali Diselidiki FIFA

Sanksi yang cukup berat sepertinya tengah menanti bek tim Nasional Kroasia, Domagoj Vida. Setelah sebelumnya hanya diperingatkan terkait selebrasi Anti Rusia, yang bersangkutan kali ini dipercaya tak bisa lepas dari sanksi FIFA menyusul beredarnya video pendek soal provokasi berbau politik yang dilakukan sang pemain.

Sempat Lolos Dari Sanksi, Bek Kroasia Kembali Diselidiki FIFA

Sebagaimana diketahui, Vida sebelumnya memang sempat merayakan kemenangan Kroasia atas tuan Rumah Rusia bersama dengan rekan-rekannya. Dalam video yang beredar, Vida menuturkan pesan berbau politik, lebih tepatnya berkaitan dengan konflik antara Rusia dengan Ukraina, dengan mengatakan ‘Kejayaan buat Ukraina, kemenangan untuk Dynamo [Kiev] dan Ukraina,’

Vida sendiri kemudian dilaporkan kepada FIFA terkait dengan Video tersebut, namun FIFA sejatinya tidak menurunkan sanksi kepada bek andalan Kroasia tersebut dan justru hanya memberikan peringatan saja. Namun, tak lama setelah peringatan diturunkan kepada sang pemain, kembali FIFA dibuat geram dengan video baru yang relatif sama seperti sebelumnya.

Dalam video tersebut pemain 29 tahun itu tampak menyatakan kalimat, “Mari ke bar, saya yang bayar ketika saya datang. Kejayaan buat Ukraina, Belgrade terbakar, ayo pergi!” dengan memegangi bir.

FIFA pun kembali melakukan penyelidikan terhadap Vida, yang terancam harus absen beberapa jam saja jelang hadapi Inggris di semi-final Piala Dunia 2018. Bila penyeledikan belum hasilkan keputusan, besar kemungkinan pemain Besiktas itu bakal diskorsing di partai final atau perebutan tempat ketiga.

Menurut informasi yang kami dapatkan, Vida memang cukup emosional terkait dengan konflik antara Rusia dan Ukraina. Pasalnya, dia pernah berkarir di negara pecahan Uni Sovyet tersebut selama beberapa tahun. Karenanya, yang bersangkutan mendukung Ukraina untuk sepenuhnya terbebas dari bayang-bayang Rusia.

Kroasia sendiri berhasil menyingkirkan Rusia lewat babak adu penalti dan melangkah ke babak semifinal. Di Partai semifinal nanti, mereka akan berhadapan dengan Inggris.

Share this post