PSSI Setuju dengan Format Baru Piala AFF

PSSI Setuju dengan Format Baru Piala AFF

Menurut penuturan Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, format anyar Piala AFF ini akan sangat membantu masalah finansial yang kerap kali dialami oleh negara tuan rumah. Dikatakan juga bahwa gaasan tersebut sejatinya sudah lama dibahas oleh para anggota, hanya saja AFF yang baru berencana menerapkannya.

PSSI Setuju dengan Format Baru Piala AFF

Gagasan Federasi Sepakbola Asia Tenggaran atau AFF untuk mengubah format turnamen Piala AFF, pada tahun 2018 nanti ternyata disambut positif oleh federasi sepakbola Indonesia, PSSI. Dalam penuturannya, perwakilan PSSI mengatakan bahwa rencana ini sebenarnya sudah sejak lama dibahas.

Sebagai informasi, AFF sebelumnya memang sempat mengumumkan rencana mereka untuk menerapkan format baru terhadap turnamen Piala AFF. Menurut pernyataan resminya, Mulai tahun 2018 nanti, turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut akan digelar dengan sistem kandang-tandang. Tentu saja, format ini bakal memakan waktu lebih panjang layaknya liga, apalagi jika dibandingkn dengan turnamen Piala AFF Suzuki Cup 2016 kemarin, yang masih menggunakan format lama, home tournament.

Meski demikian, PSSI melalui wakil KETUM mereka, Joko Driyono, menyambut positif wacana dari AFF tersebut. Dikatakan juga bahwa sebenarnya, rencana ii sudah dibincangkan lama oleh para anggota AFF.

“Ini bukan suatu proses yang tiba-tiba dan ini mempertimbangkan sinkronisasi penjadwalan kompetisi domestik di negara-negara Asean. Kalau diperhatikan, siklus tahun ganjil termakan oleh SEA Games, siklus tahun genap termakan oleh AFF. Di sela-sela itu dalam siklus empat tahunan ada Asian Games, ada Pra Piala Dunia, ada Pra Piala Asia. Kita ingin agar eksposur kompetisi domestik terjaga.”

“Saat itu harus dipenggal selama satu atau dua bulan penuh maka itu akan konsekuensinya di liga domestik menjadi masalah. Oleh karenanya, format home dan away menjadi pilihan yang telah diputuskan, rasanya itu adalah best option.” Demikian ujar Joko Diryono, yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum PSSI terkait hal tersebut.

Share this post

Post Comment