Presiden FIFA Kembali Bicara Soal 48 Tim Piala Dunia

Presiden FIFA Kembali Bicara Soal 48 Tim Piala Dunia

Sosok penerus sepp Blatter tersebut mengklaim bahwa kebanyakan federasi di berbagai negara setuju jika Piala Dunia digelar dengan kontestan yang lebih banyak, 40 atau 48 tim. Namun begitu, saat ini, FIFA masih menganalisa semua kemungkinan yang akan terjadi jika format baru itu benar-benar diterapkan.

Presiden FIFA Kembali Bicara Soal 48 Tim Piala Dunia

Format baru Piala Dunia yang digagas FIFA sejatinya menghadirkan pro dan kontrak dari berbagai pihak, namun belum lama ini, Presiden FIFA yang baru, Gianni Infantino, kembali membahas kemungkinan diterapkannya format Piala Dunia dengan menggunakan 40 sampai 48 peserta pada putaran finalnya. Setujukah anda dengan gagasan ini?

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia sejak 1998 silam memang telah menggunakan format 32 tim di putaran finalnya, dengan pembagiannya sendiri terbagi menjadi 8 group. Namun, semenjak kursi Presiden Beralih dari Sepp Blatter menuju Gianni Infantino, ada gagasan baru dari FIFA untuk menambah kuota dari peserta putaran final piala Dunia mendatang, menjadi 40 hingga 48 tim.

Adalah Presiden Gianni Infantino yang melihat antusiasme tinggi dari para suporter sepakbola di ajang Piala Euro 2016, sebagaimana kuota pada putaran finalnya juga ditambah menjadi 24 tim. Namun, setiap gagasan, tak bisa disertai oleh persetujuan setiap pihak, gagasan inipun melahirkan pro dan kontra. Pihak pro dengan gagasan ini tentu berasal dari negara yang jarang bahkan tak pernah menembus putaran final Piala Dunia.

Sedangkan yang kontra, adalah mereka yang merasa bahwa penambahan kuota tersebut justru akan menurunkan kualitas esensi dari ajang Piala Dunia. Meski demikian, Presiden Gianni Infantino tetap sedang mempertimbangkan kemungkinan gagasan ini.

“Saya masih yakin tentang menambah tim yang berpartisipasi di Piala Dunia melampaui 32 tim. Kami masih mempertimbangkan jumlah peserta menjadi 40 atau 48 tim. Format turnamen 48 tim akan dimainka pada periode yang sama dengan format sekarang, dan federasi-federasi sudah jelas mendukung Piala Dunia dengan lebih banyak tim,” Demikian Ujar Infantino.

Share this post