Pochettino Anggap Mourinho Sebagai Inspirasi

Pochettino Anggap Mourinho Sebagai Inspirasi

Kendati dalam beberapa tahun terakhir ini bisa dikatakan mengalami kemunduran dalam karirnya sebagai pelatih, Jose Mourinho tetap dianggap sebagai salah satu pelatih top eropa saat ini. Bahkan, menurut manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, The Special One adalah sosok manajer panutan bagi pelatih-pelatih yang lebih muda darinya.

Pochettino Anggap Mourinho Sebagai Inspirasi

Sebagaimana diketahui, Sejak menangani Real Madrid atau selepas mengantarkan Inter Milan menjuarai Liga Champions Eropa di tahun 2010 silam, Mourinho memang mengalami naik turun dalam karir kepelatihannya. Di Real Madrid, yang bersangkutan kurang begitu berprestasi, sampai akhirnya dipecat dan kembali menukangi Chelsea. Namun, belum genap tiga musim melatih sang mantan klub, Mourinho kembali dipecat.

Sejak tahun 2016 lalu, The Special One dipercaya untuk menangani Manchester United, dia memang berhasil mempersembahkan tiga trofi minor di musim pertamanya, tapi tak ada trofi di musim kedua. Situasi Mou di kursi pelatih United semakin memanas, seiring dengan fakta bahwa klub tak mendatangkan pemain yang dia inginkan pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Awalan musim yang buruk juga dialami Setan Merah dengan hasil terbaru telan kekalahan mengejutkan ketika bertandang ke markas Brighton and hove Albion akhir pekan lalu. Meski saat ini tengah berada di ambang pemecatan, tapi Pochettino yang justru menjalani karir cukup sukses di Tottenham Hotspur, tetap menganggap Mourinho sebagai sosok panutan dan inspirasi, terutama bagi para pelatih muda.

“Untuk semua manajer yang lebih muda darinya, dia adalah inspirasi. Untuk semua, Tentu saya mengambil banyak pelajaran darinya. Banyak sekali. Dia manajer luar biasa. Saya lebih muda darinya, tentu saja. Situasi yang terjadi dengan saya, yang terjadi dengan manajer-manajer lain, itu akan terjadi, naik dan turun.”

“Dia manajer inspirasional bagi manajer seperti saya. Saya memiliki hubungan sangat baik dengan Mou dari masa saya melatih Espanyol dan saya menaruh respek penuh untuknya dan klub [United].” ungkap Pochettino.

Share this post