Nyaris Disingkirkan Jepang, Ini Kata Pelatih Belgia

Nyaris Disingkirkan Jepang, Ini Kata Pelatih Belgia

Tim Nasional Belgia memang telah berhasil mengemas kemenangan tipis 3-2 atas Jepang dan melangkah ke babak perempat final Piala dunia tahun ini. Namun sejatinya mereka sempat tertinggal dua gol lebih dulu sebelum kemudian bangkit dan berbalik unggul.

Nyaris Disingkirkan Jepang, Ini Kata Pelatih Belgia

Sebagaimana diketahui, Belgia memang diundi berhadapan dengan Jepang pada babak 16 besar Piala dunia tahun ini. Di atas kertas, tentu saja tim arahan Roberto martinez lebih diunggulkan melaju ke babak perempat final. Di Samping itu, mereka juga punya segudang pemain bintang yang memenuhi skuat utama, dibandingkan Jepang yang hanya punya segelintir pemain terkenal.

Namun, Belgia dibuat repot oleh tim Samurai Biru, bahkan tidak ada gol yang tercipta di sepanjang babak pertama. Jepang terlihat begitu ngotot untuk menjadi satu-satunya wakil asia yang melaju ke babak delapan besar. Benar saja, dua gol diciptakan Jepang pada babak kedua, dimana situasi ini membuat Belgia semakin tertekan.

Untungnya, mereka punya para pemain berpengalaman yang tetap tenang menghadapi situasi seperti ini dan akhirnya berhasil mengejar ketertinggalan bahkan berbalik unggul 2-3 sebelum pertandingan usai. Tanpa perlu babak perpanjangan waktu dan babak adu penalti, Belgia secara dramatis mampu melangkah ke babak perempat final.

Selepas pertandingan, pelatih Roberto Martinez menyanjunga kualitas timnas Jepang yang sejatinya nyaris saja membuat tim asuhannya tersingkir dari ajang Piala dunia 2018 ini.

“Inilah yang dapat terjadi di pertandingan Piala Dunia, Saya harus mengucapkan selamat kepada Jepang, yang bermain sempurna dan solid. Mereka membuat kami frustrasi dan bebahaya dalam serangan balik. Ini adalah ujian karakter untuk tim. Anda harus melihat reaksi dari pemain pengganti yang masuk. Semua orang ingin kembali ke permainan dan memenangkan laga 3-2 di Piala Dunia setelah 90 menit.”

“Itu sudah berbicara banyak mengenai kelompok pemain ini. Tidak ada hal negatif hari ini. Semuanya tentang kelolosan. Kami melakuannya. Saya sangat bangga kepada para pemain. Ini untuk semua orang di Belgia. Kami menunjukkan mental juara, ini bukan soal menjadi sempurna, namun kemenangan.” kata pelatih asal Spanyol ini.

Share this post