KNVB Resmi Tunjuk Dick Advocaat Tangani Timnas Belanda

KNVB Resmi Tunjuk Dick Advocaat Tangani Timnas Belanda

Federasi Sepakbola Belanda tersebut juga resmi menunjuk Ruud Gullit yang merupakan legenda mereka untuk menjadi assisten dari Advocaat nantinya. Bisa dikatakan, ini bukanlah tugas yang mudah bagi kedua sosok tersebut karena mereka akan sama-sama berjuang membawa Timnas Belanda ke ajang Piala Dunia 2018 mendatang.

KNVB Resmi Tunjuk Dick Advocaat Tangani Timnas

KNVB atau Federasi Sepakbola Belanda ini baru saja resmi menunjuk manajer anyar untuk menangani Tim Nasional Belanda, dan manajer itu adalah sosok yang sudah tidak asing lagi, karena dia pernah menangani sejumlah klub Liga primer sebelumnya, sosok yang dimaksud adalah Dick Advocaat.

Oranje sebelumnye sedang dalam masa pencarian pelatih baru setelah memecat Danny Blind usai mengalami kekalahan di laga kualifikasi Piala Dunia menghadapi Bulgaria pada Maret lalu. Kini Advocaat telah resmi akan menjadi pelatih kepala timnas Belanda untuk yang ketiga kali sepanjang karirnya.

Menurut informasi yang kami dapatkan, sang manajer akan dikontrak sampai tim Nasional Belanda berhasil memenangkan tiket ke ajang Piala Dunia 2018 mendatang. Kontraknya sendiri kemungkinan besar bisa bertambah jika sang manajer juga berhasil membawa De Oranje melangkah ke ajang empat tahunan tersebut.

Selain Advovaat, KNVB juga menunjuk Ruud Gullit, Legenda Tim nasional tersebut dipilih sebagai asistennya. Dia dan Advocaat akan menjalani periode sulit karena Oranje kini masih menempati peringkat empat Grup A dengan perolehan hanya tujuh poin dalam lima laga, tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen Prancis.

Sebenarnya, keputusan KNVB untuk menunjuk Advocaat dinilai cukup kontroversial, pasalnya sebelum ini yang bersangkutan sempat ditunjuk untuk menjadi assisten danny Blind, tapi hanya selang tiga bulan setelah resmi ditunjuk, yang bersangkutan justru memilih pergi untuk kemudian menangani Fenerbahce.

Menurut informasi yang terdengar, Federasi Sepakbola Belanda sebenarnya sempat ingin menunjuk Pelatih Ajax Amsterdam, Henk Ten Ceep, namun saat itu yang bersangkutan menolaknya karena tidak mendapatkan dukungan penuh dari asosiasi. Hal itu kemudian membuka jalan bagi Advocaat untuk mengambil alih jabatan sebagai pelatih timnas Belanda.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama bagi Advocaat untuk menangani Tim Nasional Belanda, sebelumnya, dia pernah menukangi De Oranje pada periode 1992 sampai 1994, membawa Belanda melangkah ke perempat final Piala Dunia, disingkirkan oleh Brazil yang menjadi juara saat itu. Sementara periode kedua era kepelatihan Advocaat terjadi saat ia kembali pada 2002 hingga 2004, ketika itu ia membawa negaranya menembus semi-final Euro 2004.

Share this post