Inilah Kunci Sukses Barcelona Menurut Mascherano

Inilah Kunci Sukses Barcelona Menurut Mascherano

Gelandang Veteran Argentina, Javier Mascherano, telah resmi mengakhiri romantismenya bersama dengan Barcelona yang telah berlangsung selama kurang lebih delapan tahun lamanya. Meski demikian, Masche memiliki kenangan-kenangan indah di barcelona, terutama pada Ruang ganti, yang menurutnya adalah kunci sukses Raksasa Catalan selama satu dekade terakhir.

Inilah Kunci Sukses Barcelona Menurut Mascherano

Memang harus diakui, Barcelona adalah salah satu klub terbaik Eropa dalam sepuluh tahun terakhir ini. Fakta tersebut tak hanya soal komposisi pemain semata, tapi bagaimana konsistensi mereka dalam meraih prestasi dari musim ke musim. Bahkan, Barcelona adalah satu-satunya dan yang pertama memenangkan Dua Treble winner major dalam sejarah sepakbola.

Mascherano sendiri jadi salah satu bagian dari sukses BArcelona selama sepuluh tahun terakhir, dan kepada Marca, mantan pemain Liverpool ini mengungkapkan apa kunci dibalik sukses yang ditorehkan Barcelona selama satu dekade tersebut. Bagi Mascherano, kondusif dan harmonisnya ruang ganti Raksasa Catalan adalah salah satu kunci sukses mereka dalam bermain konsisten dan meraih gelar juara.

“Rahasia dari semua kesuksesan ini adalah kekuatan di ruang ganti, Ketika saya pertama kali bergabung di klub ini, sata merasa mungkin akan jadi hal yang sulit karena ada banyak pemain hebat di klub dan sudah sukses. Tapi, yang terjadi sebaliknya, mudah sekali. Ada pemimpin seperti Victor Valdes, Carlos Puyol dan Xavi yang sejak awal memang berada di sini,” Demikian ujar pemain berusia 33 tahun tersebut kepada Marca.

Mascherano sendiri didatangkan Barcelona dari Liverpool pada bursa transfer musim panas tahun 2010 silam. Dia memang sempat mengalami kesulitan pada awalnya, sebelum kemudian dijadikan andalan Barcelona sebagai bek tengah. Sebelum pergi, Mascherano telah mengoleksi 17 gelar juara bersama Raksasa Catalan dan sekarang yang bersangkutan sudah resmi bergabung dengan klub Liga Super Tiongkok, Hebei China Fortune.

Share this post