FIFA Tidak Akui Juara Piala Interkontinental

FIFA Tidak Akui Juara Piala Interkontinental

Federasi tertinggi dalam dunia sepakbola itu hanya mengakui juara Piala Dunia antar klub yang mereka gelar sejak tahun 2000 silam sampai sekarang sebagai juara dunia. Jadi, bagi tim yang telah memenangkan piala Interkontinental tidak diakui sebagai juara dunia.

FIFA Tidak Akui Juara Piala Interkontinental

FIFA, Federasi Sepakbola Tertinggi di Dunia ini akhirnya mengumumkan bahwa mereka tidak mengakui para pemenang kompetisi Piala Interkonintal, sebagai informasi, sebelumnya, turnamen tersebut mempertemukan juara Copa Libertadores dan juara Liga Champions Eropa yang kemudian pemenangnnya disebut sebagai juara dunia.

Sebagai informasi, sebelum turnamen Piala Dunia antarklub digelar, memang ada beberapa kompetisi yang dikenal sebagai kompetisi penentu klub terbaik dunia. Piala Interkontinental adalah salah satunya, yang mana kompetisi tersebut dimulai sejak tahun 1960 silam. Akan tetapi, kompetisi yang mempertemukan Juara Copa Libertadores yang merupakan Liga Champions Amerika Selatan dengan Juara Liga Champions Eropa sebagai perwakilan Eropa telah resmi dihapuskan sejak tahun 2000.

Sejak tahun tersebut, FIFA menerapkan Piala Dunia antarklub yang mempertemukan para juara dari seluruuh enam Konfederasi, dalam edisi terbarunya sendiri, Real Madrid berhasil memenangkan trofi tersebut. Tak Ayal, FIFA pun kemudian mengumumkan bahwa pihaknya sama sekali tidak mengakui para juara turnamen Internasional lewat pernyataan resminya.

“FIFA telah mengakui dan menghargai inisiatif kompetisi klub dunia yang telah ada sepanjang sejarah. Begitulah situasi dari turnamen yang mencakup klub-klub Eropa dan Amerika Selatan, seperti halnya Copa Rio 1951 dan 1952, dan Piala Interkontinental.”

“Namun demikian, FIFA baru pertama kali mengorganisasi Piala Dunia Antarklub mulai tahun 2000, dengan perwakilan dari semua enam konfederasi. Para pemenang dari kompetisi tersebut [PD Antarklub] adalah tim-tim yang secara resmi diakui oleh FIFA sebagai klub juara dunia.” demikian rilis resmi FIFA, merespons pertanyaan dari harian Brasil Estadao.

Share this post