FIFA Diminta Sertakan 48 Tim Di Piala Dunia Qatar

FIFA Diminta Sertakan 48 Tim Di Piala Dunia Qatar

Federasi Sepakbola Dunia, FIFA, diminta untuk menambah kuota untuk putaran final Piala dunia 2022 Qatar mendatang dari 32 tim menjadi 48 tim. Sejumlah pihak telah melayangkan permintaan tersebut, termasuk diantaranya Federasi Seakbola Amerika Selatan atau yang disebut dengan CONMEBOL.

FIFA Diminta Sertakan 48 Tim Di Piala Dunia Qatar

Sebagaimana diketahui, FIFA selaku penyelenggara Turnamen empat tahunan tersebut memang beberapa kali melakukan perubahan pada format kompetisi utama mereka tersebut. Soal jumlah peserta, sejak tahun 2014 silam, FIFA mulai menerapkan jumlah peserta menjadi 32 peserta untuk putaran finalnya.

Sedangkan untuk turnamen Piala Dunia 2018 mendatang, FIFA juga menerapkan jumlah yang sama untuk putaran finalnya, dimana hasil drawingnya sendiri juga sudah diumumkan oleh Federasi Bola Dunia tersebut. FIFA beberapa waktu yang lalu membuka peluang untuk menambah kuota peserta putaran final turnamen emmpat tahunan ini menjadi 48 peserta untuk Piala Dunia 2026 yang Tuan Rumahnya masih belum ditentukan.

Namun, Federasi Sepakbola Amerika Selatan yang dikenal dengan istilah CONMEBOL, telah mengajukan permohonan kepada FIFA untuk menambah kuota peserta turnamen Piala Dunia 2018 mendatang menjadi 48 peserta dengan mempertimbangkan sejumlah aspek. Hal ini dibenarkan oleh Presiden CONMEBOL, Alejandro Gomez.

“Kami meminta bahwa gelaran Piala Dunia 2022 mendatang dimainkan dalam format 48 tim,” kata Dominguez.

Untuk saat ini, Piala Dunia 2018 masih memakai format lama yakni 32 negara peserta selagi CONEMBOL diwakili oleh lima tim; mereka adalah Brasil, Argentina, Uruguay, Kolombia dan Peru.

Dan jika proposal mereka disetujui, penyelenggaraan Piala Dunia berikutnya akan mendapati enam wakil CONEMBOL di kompetisi terakbar sepakbola, sementara tim peringkat tujuh babak kualifikasi diharuskan memainkan laga play-off interkontinental.

Share this post