FA Berencana Terapkan Teknologi Video Assistance

FA Berencana Terapkan Teknologi Video Assistance

Salah seorang gelandang Southampton, Oriol Romeu mendukung penerapan teknologi tayangan ulang, atau video assistace Referee, karena menurutnya hal tersebut akan sangat membantu wasit dalam mengambil keputusan, terutama ketika pemain dalam posisi offiside atau tidak.

FA Berencana Terapkan Teknologi Video Assistance

Asosiasi sepakbola Inggris atau yang kita kenal dengan istilah FA, menatap peluang untuk terapkan teknologi terkini dalam dunia sepakbola, yang tak lain adalah VAR alias, video tayangan ulang. Sebagaimana dilansir daily Mail, pertandingan FA Community Shield musim depan akan jadi laga pertama yang dibantu teknologi tersebut.

Sebagai informasi, sebelum memutuskan hal tersebut, nantinya FA akan mengadakan rapat dengan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) di Wembley pada Jumat (3/3) ini. Dalam rapat tersebut sendiri ada beberapa poin yang dihasilkan, termasuk diantaranya rencana penerapan teknologi VAR, alias Video Assistance Referee.

Sebelumnya, salah seorang gelandang Southampton, Oriol Romeu memang mendukung penerapan ini setelah merasa dirugikan karena keputusan wasit di Final Piala Liga kemarin.

Dalam pertandingan tersebut, The Saints berhasil unggul cepat lewat gol Manolo Gabdianni, namun wasit menganggapnya berada dalam posisi offside walau tayangan ulang menunjukkan sebaliknya. Atas kejadian tersebut, Romeu berharap ada inisiatif yang dilakukan FA supaya bisa meminimalisir kesalahan wasit yang tentu saja sangat merugikan timnya itu ke depan.

“Saya rasa, teknologi tersebut akan menghadirkan sebuah perbedaan yang cukup besar dalam sebuah pertandingan, Semua pemain akan sependapat dan kami ingin kebenaran menjadi bagian dari pertandingan. Jika itu memang gol, maka itu harus dihitung, jika tidak, maka tidak perlu dihitung.”

“Terkadang, hal seperti itu bisa mengubah hasil akhir pertandingan, karena unggul satu gol bisa membuat pertandingan berjalan dengan berbeda. Kami ingin tekankan itu demi kebaikan semua pemain, semua wasit dan semua orang.” kata Romeu.

Share this post