Deretan Pelatih Terbaik Dunia 2016 versi IFFHS

Deretan Pelatih Terbaik Dunia 2016 versi IFFHS

Internasional Federation of Football History and Statistic, atau yang lebih dikenal dengan istilah IFFHS, kembali memberikan penghargaan kepada mereka insan sepakbola yang berprestasi disepanjang tahun 2016. Untuk kategori pelatih, ada lima sosok yang berhasil menembus lima besar pelatih terbaik, siapa saja mereka?

Deretan Pelatih Terbaik Dunia 2016 versi IFFHS

1. Diego Simeone

Ya, Manajer asal Argentina ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai pelatih terbaik versi IFFHS, dia mengungguli sejumlah nama kondang seperti Claudio Ranieri, Luis Enrique, dan beberapa nama lain. Dalam kemenangannya sebagai pelatih terbaik, Simeone mengoleksi 113 poin. Tentu ini tak terlepas dari performa gemilang atleitco musim lalu hingga kembali ke final Liga Champions Eropa.

2. Zinedine Zidane

Sebelumnya, dia hanya dikenal sebagai Legenda Real Madrid, namun sejak januari 2016 lalu, sang legenda ditunjuk untuk menukangi Tim Utama Los Blancos, ditugaskan untuk memperbaiki ‘buruknya’ performa tim. Benar saja, Zidane bekerja dengan baik dan membawa Madrid keluar sebagai kampiun Liga Champions Eropa. Zidane sendiri mendapati 108 poin dan finish di urutan kedua.

3. Claudio Ranieri

Di Urutan ketiga, ada pelatih asal Italia, Claudio Ranieri, tentu saja, keberhasilannya ini tak terlepas dari suksesnya membawa Leicester city jadi juara Liga primer Inggris musim kemarin. Adapun, Ranieri mengoleksi 86 poin dalam daftar 5 besar.

4. Pep Guardiola

Guardiola memang belum begitu berpengalaman, namun dia sukses secara konsisten membawa Bayern Munchen jadi juara Bundsliga jerman dalam tiga musim beruntun. Tak heran jika Pep kemudian mengoleksi 62 poin dan finish di peringkat keempat.

5. Unay Emeri

Yang terakhir adalah pelatih Paris saint-Germain, unay Emeri. Dia memang masih kesulitan dalam mengawa tim barunya, namun suksesnya bersama Sevilla dalam tiga musim terakhir adalah alasan dibalik 38 poin yang ia dapatkan dalam persaingan ini.

Share this post