Barcelona harus Andalkan Produk Akademi Klub

Barcelona harus Andalkan Produk Akademi Klub

Gelandang andalan Barcelona, Andres Iniesta, berharap klub kembali membangkitkan pemain-pemain bintang yang berasal dari tim akademi La Masia. Gelandang Internasional Spanyol tersebut merasa bahwa periode bursa transfer belakangan ini begitu menggila.

Barcelona harus Andalkan Produk Akademi Klub

Seperti yang yang dikutip dari laman backpass.net, klub-klub Top Eropa seperti berlomba memecahkan rekor transfer . Awalnya rekor transfer terttinggi ada di tangan Cristiano Ronaldo, setelah dia ditebus Real Madrid pada tahun 2009 silam lewat kocek 98 Juta euro. Kemudian, rekor tersebut dipecahkan Gareth Bale oleh klub yang sama, dengan banderolnya mencapai 100 Juta euro.

Musim panas tahun kemarin, Manchester United menebus Paul Pogba dari Juventus lewat banderol 105 JUta Euro, praktis status sebagai pemain termahal dalam sejarah kembali berpindah. Ironisnya, belum genap setahun berselang, rekor itu kembali pecah. Kali ini Paris Saint-Germain yang berani merilis kocek sebesar 222 Juta Euro untuk menebus bintang Brazil, Neymar Jr.

Iniesta melihat, periode transafer dalam beberapa tahun terakhir ini terus menggila, karenanya dia berharap agar Barcelona kembali membangkitkan produk akademi klub, seperti yang terjadi di Era Pep Guardiola, dimana tim yang didominasi pemain-pemain akademi-lah yang berhasil memenangi gelar-gelar bergengsi.

“Minim lulusan akademi di tim utama? Ini adalah masalah rumit karena dalam beberapa tahun terakhir, kami membuat pengecualian ini sebagai norma. Bermain di final Liga Champions dengan delapan atau sembilan pemain muda, bukan cuma Barca yang tak melakukannya, tapi tak ada yang melakukan. Kadang-kadang ini membingungkan karena orang-orang berpikir mudah untuk menang, ketika yang terjadi justru sebaliknya, bahkan sangat rumit.”

“Tetap saja, klub tak boleh berubah karena jika kami ingin dikenal karena suatu hal, hal tersebut adalah kepercayaan terhadap pemain muda kami, yang telah dikembangkan di sini. Kadang-kadang, lebih baik untuk mengandalkan mereka yang sudah ada di klub ketimbang mengandalkan bursa transfer yang belakangan menyaksikan inflasi besar-besaran,” ungkap sang gelandang.

Share this post